Apakah Anda salah satu orang yang menyukai sofa kain? Pasti Anda kesal karena sofa kain mudah kotor dan sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, Anda perlu merawatnya secara teratur untuk menjaga sofa. Kami memberikan tips membersihkan sofa kain dan membuatnya terlihat baru lagi sebagai berikut :

1. Bersihkan dari debu dan kotoran

Sebelum menggunakan produk pembersih khusus Anda, singkirkan kotoran dan debuĀ  dari permukaan sofa. Gunakan kain, sikat bulu yang lembut, atau penyedot debu untuk membantu Anda melakukannya, dan untuk menghindari kerusakan pelapis sofa. Kami menyarankan Anda untuk menggunakna penyedot debu sehingga akan lebih mudah dan cepat.

2. Membersihkan beberapa noda pada sofa

Setelah itu, bersihkan noda pada sofa menggunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan cuka. Anda tidak boleh menempelkannya langsung di sofa, namun perlu mengujinya di daerah lain terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah itu bisa merusak bahan sofa Anda atau tidak. Cuka mengandung asam klorat, yang dapat menghilangkan noda membandel lebih efektif.

3. Bersihkan seluruh permukaan

Selanjutnya, gunakan deterjen untuk membersihkan sofa. Ratakan larutan deterjen pada permukaan sofa, diamkan beberapa saat agar kandungan larutan deterjen dapat bekerja untuk mengatasi kotoran dan noda. Kemudian gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan sofa.

4. Lap dengan kain bersih

Bersihkan permukaan sofa dari sisa deterjen menggunakan kain bersih. Anda dapat membilas kain dengan air agar sisa deterjen hilang. Lakukan ini beberapa kali hingga Anda yakin jika sofa benar-benar bersih.

5. Keringkan sofa dengan Pengering

Pada langkah terakhir, Anda harus mengeringkan sofa agar tidak berjamur. Cara termudah tentu saja menggunakan pengering rambut atau menggunakan alat pengering khusus untuk sofa/karpet. Namun, Anda dapat membiarkan sofa kain kering secara alami jika cuaca bagus. Cukup letakkan sofa di teras rumah dan biarkan sofa kering secara alami.