Ketika Anda tinggal di tempat yang kecil, sulit untuk menyesuaikan semua yang Anda butuhkan di dalamnya. Mencoba menyesuaikan semuanya dan membuatnya terlihat lucu adalah tantangan yang lebih besar, tetapi itulah yang membuat desain ruang kecil begitu mendebarkan. Apakah Anda tinggal di apartemen studio atau ingin memaksimalkan ruangan kecil, ide desain ruang kecil ini akan membuatnya terasa jauh lebih besar dengan tetap mempertahankan gaya

1. Kecilkan meja makan Anda

Meja bundar kecil tidak hanya untuk sudut sarapan. Singkirkan meja makan raksasa dan beri diri Anda ruang ekstra dengan memilih meja makan bundar kecil sebagai gantinya.

2. Berhati-hatilah

Jika ruang terbatas dan Anda tidak ingin berbelanja furnitur baru yang besar, gunakan kursi sebagai meja samping dan pasang lampu dinding untuk menghemat ruang. Warna ceria juga merupakan ide bagus untuk menciptakan suasana bahagia di ruangan mungil.

3. Memilih pintu sliding

Pintu sliding dengan jendela kaca memungkinkan cahaya bersama mengalir ke seluruh ruangan sekaligus menciptakan pemisahan. Dan bahkan lebih baik lagi, mereka meluncur tepat ke dinding saat tidak digunakan, tentunya hal ini memakan lebih sedikit ruang daripada pintu ayun.

4. Gunakan divan

Tambahkan sofa berdivan. Jika Anda tidak memiliki ruang tamu khusus, ini juga bisa berguna di ruang tamu Anda.

5. Pasang tv Anda

Konsol media memerlukan banyak ruang di ruang tamu kecil. Pasang TV Anda di dinding atau di atas perapian dan Anda akan mendapatkan tempat yang lebih leluasa untuk bersantai.

6. Pilih yang berfungsi ganda

Kunci kenyamanan dalam menata ruang yang terbatas adalah menggunakan furniture yang berfungsi ganda: Temukan meja yang dapat berfungsi sebagai meja sekaligus meja makan, dapatkan sofa besar yang dapat berfungsi ganda sebagai tempat tidur tamu, atau beli sofa puk kotak yang berfungsi sebagai meja kopi sekaligus dapat digunakan sebagai bangku ketika tidak ada tamu.

7. Gunakan cermin

Ini adalah trik desain tertua: Cermin akan membuat ruangan Anda terasa lebih besar, lebih terang, dan lebih leluasa.

8. Membuat setiap bagian berarti

Pilih perabot yang menawarkan fungsionalitas maksimum . Misalnya, alih-alih bangku ujung, pilihlah meja dengan kursi samping kecil. Anda dapat menggunakannya untuk bekerja, bersiap-siap, dan banyak lagi.

9. Jaga agar tetap netral

Ruang yang bernuansa tenang dan datar memanipulasi mata sehingga Anda mengira bahwa ruangan itu lebih luas daripada yang sebenarnya. Pastikan untuk menambahkan berbagai tekstur agar ruang tidak terasa kaku.

10. Menyesuaikan penyimpanan

Furnitur yang dibeli melalui pemesanan akan lebih menghemat ruang karena telah disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Jika furnitur itu merupakan bagian dari dinding, Anda tidak akan kehilangan banyak space yang berharga. Penyimpanan ekstra di bawah bangku juga cukup membantu.

11. Membuat sekat

Di studio desainer interior Max Sinsteden, dia membuat area tidurnya terasa terpisah dari bagian ruangan lainnya dengan menggantung tirai super tinggi kemudian menggantungkan lukisan untuk lebih memaksimalkannya. “Saya benci melihat tempat tidur dari pintu depan, jadi saya menambahkan tirai untuk sekat ruang itu. Saat Anda menutupnya, sejujurnya Anda merasa seperti berada di hotel Paris,” katanya kepada kami. Ini berarti Anda juga bisa menggunakannya untuk hiburan tanpa merasa orang lain sedang nongkrong di kamar Anda. “Ruang kecil tidak menghalangi saya untuk mengundang 50 orang.”

12. Menggunakan semua ruang yang tersedia untuk tempat

Bahkan ambang jendela dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan ekstra untuk dekorasi, pencahayaan, dan kebutuhan penting lainnya saat tidak ada ruang untuk meja tambahan

13. Dapatkan meja dinding

Anda tidak memiliki home office? Pikirkan lagi. Meja dinding yang terpasang membutuhkan ruang yang jauh lebih sedikit — dan Anda bahkan dapat memasang rak di atasnya untuk mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan.

14. Gunakan tempat duduk yang strategis

Pilih tempat duduk ekstra yang dapat dilipat dan menjadi super kompak sehingga Anda dapat menyimpannya saat tamu telah selesai.

15. Gunakan perabotan yang lebih besar (tetapi lebih sedikit)

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi melengkapi ruang kecil hanya dengan beberapa barang berskala besar (bukan campuran furnitur ukuran mungil) dapat membuatnya terasa lebih megah. Tahan keinginan untuk mendorong semua furnitur Anda ke dinding. Jika Anda membuat ruang di belakang furnitur, itu membuat ruangan terlihat lebih luas dari yang sebenarnya.

16. Menjadi besar dalam ruang kecil

Sangat mudah untuk mengabaikan ruangan yang sangat kecil, terutama karena tidak ada cukup ruang yang bisa digunakan untuk dekorasi. Tetapi sangat mungkin untuk meningkatkan dan mempersonalisasi ruang-ruang kecil ini. Kamar rias di rumah Ailana Michelle Ralph, misalnya. Dengan warna dinding merah muda yang memerah dan galeri karya seni eklektik di sekitarnya, membuat ruangan kecil itu memiliki banyak kesan.

17. Berpikirlah secara verikal

Manfaatkan ruang yang sering kurang dimanfaatkan antara bagian atas furnitur dan langit-langit ruangan dengan elemen gantung atau dipasang tinggi. Angkat rak buku dan lemari sepenuhnya — itu akan membuat ruangan terasa lebih tinggi.

18. Lupakan potongan besar

Meskipun penyimpanan di bawah wastafel bagus, meja rias yang lebih besar dengan banyak laci dan lemari bisa terlihat terlalu besar dan canggung di ruang kecil. Di kamar mandi meja rias marmer mungil memiliki banyak ruang permukaan dan kait handuk ekstra memenuhi kebutuhan penyimpanan.

19. Membangun sebagian dinding kaca

Runtuhkan dinding, perbesar jendela, atau tukar pintu yang kokoh dengan kaca untuk membuka pemandangan dan menghubungkan ruang yang berdekatan.

20. Gabungkan pencahayaan yang baik

Pencahayaan yang baik akan memaksimalkan ruangan apa pun — besar atau kecil. Pastikan untuk memasang pencahayaan yang baik di ruang yang lebih kecil dan sempit seperti kamar mandi dengan jendela kecil

21. Perbaiki diri Anda sendiri

Anda tidak harus menampilkan semuanya. Lagi pula, tidak ada yang membuat ruangan terasa lebih kecil dari ketidakrapian.